Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Riset Keyword Pencarian Tinggi dengan Persaingan Rendah

Apakah anda merupakan seorang blogger yang sedang jatuh cinta dengan keyword. Karna dimana saja, kapan saja kalian pasti memikirkan keyword tersebut bahkan hingga tidak bisa tidur bukan? hehee

Cara mencari keyword di google sangat memberikan pengaruh besar terhadap semua jenis situs yang kalian kelola. Baik itu jenis nya seperti Toko Online, Blog Pribadi, Situs Bisnis dan masih banyak yang lainnya.

Kalian pasti bertanya-tanya kenapa kok riset keyword ini membuat blog yang kalian bangun menjadi lebih mudah di halaman satu google?

Jika bisa umpamakan website kalian itu adalah mobil, maka keyword ini adalah bahan bakar seperti pertamax. Dimana yang mungkin dapat membuat mobil itu berjalan ke tujuan utama kalian.

Maka untuk membuat mobil kalian berjalan dengan lancar jangan mengisi bahan bakar yang asal-asalan supaya tidak berhenti dijalan. Sama seperti keyword atau kata kunci, kalian tidak boleh untuk melakukan riset kata kunci secara asal.

Dikarenakan jika kalian melakukannya dengan asal-asalan kemungkinan situs atau artikel kalian tidak akan ditemukan oleh mbah google. Pasti kalian gak bakalan mau kan?

Jadi simak artikel ini yang akan membahas tentang Cara melakukan Riset Keyword dengan Pencarian Tinggi namun memiliki Persaingan sangat Rendah. Bagi kalian yang sudah lama menantikan artikel ini jangan sampai ketinggalan yaaa. Simak dengan baik dan benar oke.


Riset Keyword Pencarian Tinggi dengan Persaingan Rendah
LinkedIn


APA ITU RISET KEYWORD?


Bagi mereka yang sudah suhu, mastah, master dalam dunia blogger sudah pasti paham apa yang dimaksud dengan riset keyword. Namun disini saya gak bakalan pelit bagi ilmu ke kalian yang masih pemula dalam mempelajari keyword.

Pengertian riset keyword atau kata kunci ini saya sendiri ya yang membuatnya agar kalian dapat lebih mudah untuk memahaminya. Riset kata kunci adalah cara dimana kita mencari di kolom pencarian google untuk menemukan kata kunci yang sering digunakan oleh banyak orang.

Sehingga dengan menerapkan cara riset keyword ini situs kalian akan banyak pengunjungnya. Itupun jika sebaliknya jika kalian tidak menggunakan riset kata kunci maka situs kalian akan sepi.

Selain itu juga untuk melakukan riset kata kunci kalian perlu menyesuaikan niche atau topik situs blog kalian.


APA TUJUAN RISET KEYWORD/KATA KUNCI


Setelah kalian belajar tentang pengertian dari riset keyword tadi maka tujuan nya apa sih jika kita melakukan riset keyword atau kata kunci..?

Nah sesuai dengan judul dari artikel ini, sehingga bisa disimpulkan bahwa tujuan dari melakukan riset keyword adalah memudahkan kita untuk mendapatkan kata kunci yang memiliki persaingan yang sangat rendah namun memiliki pencarian yang begitu tinggi.

Maka 3 hal ini yang akan kalian dapatkan ketika melakukan riset kata kunci :

1. Tepat Sasaran

Jika kalian membuat artikel dengan melakukan riset kata kunci terlebih dahulu. Maka hasilnya akan mendapatkan konten yang tepat sasaran.

2. Efesien dan Efektif

Konten yang kalian produksi akan lebih terfokus dengan menggunakan riset keyword ini.

3. Hemat

Ketika kalian sudah menggunakan riset keyword ini maka efesiensi hemat biaya akan kalian dapatkan. Sehingga untuk mencapai Goals akan lebih terjangkau dan mudah.


CARA RISET KATA KUNCI DARI NOL


Langsung aja berikut langkah-langkah yang dapat kalian lakukan.

1. Goals

Nah langkah awal untuk melakukan riset kata kunci adalah menetapkan goals dari riset keyword tersebut. Maka ketika kalian melakukan riset kata kunci kalian perlu menentukan apa Goals kedepan.

Jika anda seorang pebisnis maka goals kalian adalah menargetkan pada pembeli yang berpontensial. Jika anda seorang blogger saja maka kalian mempunyai goals untuk mendapatkan pengunjung yang signifikan atau malah yang lainnya.

Sehingga kalian perlu menentukan sebuah tujuan dari riset kata kunci ini sekarang juga. Agar nantinya kalian tidak mengalami kegagalan dalam mengelola bisnis atau blog pribadi kalian.

2. Cari Kata Kunci Dasar

Biasanya untuk mendapatkan kata kunci dengan pencarian tinggi dan persaingan rendah kalian perlu mencari kata kunci dasar terlebih dahulu. Kata kunci dasar ini terkadang disebut juga benih keyword.

Keyword dasar dengan niche dari artikel sebuah blog yang anda buat harus mempunyai sebuah keterkaitan.  Nah menemukan keyword turunan dengan menggunakan kata kunci dasar ini merupakan tujuan utama nya.

Keyword dasar yang salah satu golongan dari kata kunci short tail hanya mempunyai 1 sampai dengan 2 kata saja. Tetapi kalian dapat mengubah dari short tail keyword menjadi long tail keyword dengan menerapkan keyword turunan.

Sehingga modal yang anda gunakan untuk melakukan riset keyword ini adalah insting. 

3. Long Tail Keyword

Jika kalian sudah mendapatkan kumpulan kata kunci dasar tadi, kemudian kalian dapat mencari keyword turunan dengen ketentuan katanya melebihi 2 kata saja. Langkahnya adalah kalian dapat menggunakan tools pencari keyword seperti google adwords.

Jika kalian memiliki tujuan untuk menghasilkan uang dari blog yakni berbisnis menggunakan blog. Kalian dapat menggunakan tools keyword seperti google keyword planner.

Kalian akan menemukan kata kunci dengan panjang dua hingga tiga kata dan selain itu dapat memberikan rekomendasi kata kunci lainnya.

4. Analisa Pencarian Kata Kunci

Mengalisisa sebuah kata kunci di mesin pencarian google merupakan langkah setelah mengetahui kumpulan long tail keyword. Kalau kalian tidak mau repot dalam menganalisa kata kunci maka kalian dapat menggunakn tools yang disediakan oleh google.

Tools ini bernama google keyword planner dimana semua kata kunci sudah di simpan di tools ini. 

Cara pertama untuk dapat melakukan riset keyword di google keyword planner ini adalah mengunjungi websitenya terlebih dahulu. Kalian dapat memilih “ Volume and Trends “ maka setelah itu kalian dapat melakukan upload list kata kunci yang sudah tersimpan.

Kemudian kalian dapat mengklik “ Get Search Volume “. Maka selanjutnya download file dengan format cvs sehingga nantinya dapat dibuka di ms Excel. 

Jika file sudah terdownload maka kalian dapat melakukan pemilihan kata kunci yang mungkin sesuai dengan niche blog kalian.

5. Melihat Persaingan Keyword

Hal terpenting ketika melakukan riset keywoard adalah dengan melihat tingkat persaingan. Hal ini sudah memiliki kesesusaian dengan SEO dari blogger tersebut, dimana semua analisa akan ditunjukkan oleh google sebagai mesin pencarian.

Biasanya untuk mengetahui keyword persaingan kalian tidak perlu menggunakan tools kalian bisa melakukannya secara manual.

Hal yang pertama dapat kalian lakukan dengan menggunakan hasil pencarian goolgle yang melebihi satu juta klik.

Langkah kedua adalah dengan melihat angka pada hasil pencarian mencapai satu jutaan lebih.

Ketiga yakni menggunakan kata kunci yang pernah dikuasai oleh situs-situs besar seperti Wikipedia.

Langkah keempat adalah melihat pagerank yang memiliki nilai lebih dari 5 di suatu website.

Yang terakhir yakni melihat domain authority yang lebih dari 50 pada suatu website yang menggunakan kata kunci tersebut.

6. Melakukan Eksekusi

Di langkah yang paling akhir ini yaitu melakukan eksekusi. Jika memang semua kata kunci yang sudah kalian pilih sudah mantap dan sudah siap digunakan kalian tinggal melakukan optimasi kata kunci tersebut.

Cara melakukan optimasi kata kunci tersebut yakni dengan menyisipkan keyword yang sudah kalian pilih ke dalam artikel yang kalian buat.

Sehingga apa yang sudah kalian lakukan untuk mencari kata kunci tadi tidak akan sia-sia jika melakukan optimasi.


Nah mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan di artikel Cara Riset Keyword Pencarian Tinggi dengan Persaingan Rendah. Bila ada salah-salah kata atau ada informasi yang kurang tepat dalam artikel ini saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. karena mungkin disini saya menggunakan cara saya sendiri.

Sekian dari saya, terimakasih dan selamat mencoba.

2 komentar untuk "Cara Riset Keyword Pencarian Tinggi dengan Persaingan Rendah"

  1. Kunjungan balik gan.
    https://didhafairus.my.id

    BalasHapus
  2. Advance Financial is a Nashville-based financial services company that offers payday loans, title loans, and installment loans. The company was founded in 1997 and has since expanded to more than 20 states. Advance Financial aims to provide consumers with an alternative to traditional banking products and services.
    Read more here

    BalasHapus